Langsung ke konten utama

Relasi Database

Penjelasan

Relasi adalah hubungan antara tabel yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata. Relasi merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan lainnya yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata dan berfungsi untuk mengatur mengatur operasi suatu database

Dalam pembuatan relasi database itu dihubungkan dengan Foreign Key pada kolom tabel A dan Primary Key pada kolom tabel B
  • Primary Key
Primary Key merupakan kunci utama pada field tertentu dalam sebuah tabel yang biasa digunakan untuk mendefinisikan rows data tertentu.
  • Foreign Key
Foreign Key adalah atribut pada tabel yang menunjukan hubungan (relasi) ke tabel induk ( yang mempunyai primary key)

Jenis - Jenis Relasi Database

Jenis-jenis Relasi Antar Tabel di Database terdapat pembagian jenis relasi database diantaranya:
  • Relasi One To One Field
Relasi one to one adalah relasi dimana setiap satu baris data pada tabel satu hanya berhubungan dengan satu baris data di tabel dua. Artinya masing - masing hanya memiliki satu hubungan saja. Biasanya relasi seperti ini digunakan pada relasi pengguna dan userlogin. Dimana satu pengguna hanya memiliki satu akun untuk login. dan satu akun login hanya dimiliki oleh pengguna.

Contoh Relasi One To One :

Pada tabel jurusan terdapat primary key id_jurusan dan foreign key dosen_id_dosen. Yang mana foreign key itulah yang digunakan sebagai penghubung tabel dosen.
  • Relasi One to Many
Relasi one to many adalah relasi yang mana setiap baris dari tabel pertama dapat dihubungkan dengan satu baris ataupun lebih dari tabel kedua. Artinya satu baris dari tabel pertama dapat mencangkup banyak data pada tabel kedua. Pada kasus one to many ini. Kita perlu untuk memberikan akses pada satu tabel kuat dimata satu tabel tersebut haruslah terisi terlebih dahulu agar data pada tabel kedua bisa menyesuaikan data dari tabel pertama.

Contoh Relasi One to Many:
Pada tabel mahasiswa terdapat primary key id_mahasiswa dan foreign key dosen_wali_id_dosen_wali. Yang mana foreign key itulah yang digunakan sebagai penghubung tabel dosen_wali.

  • Relasi Many To Many
Relasi many to many adalah keadaan dimana satu baris dari tabel satu dapat berhubungan dengan tabel kedua. Dan satu baris dari tabel kedua dapat berhubungan dengan banyak baris dari tabel pertama. Artinya kedua tabel masing - masing dapat mengakses banyak data dari tiap tabel yang lain. Dalam hal ini, kita membutuhkan tabel ketiga sebagai perantara tabel satu dan tabel dua sebagai tempat untuk menyimpan foreign key dari masing - masing tabel.

Contoh Relasi Many to Many:

Pada gambar di atas, terdapat tiga tabel yaitu tabel mahasiswa, nilai, dan mata_kuliah. Tabel mahasiswa dan mata_kuliah tersebut masing-masing berelasi Many to Many dan menghasilkan tabel baru yaitu tabel nilai. Sedangkan tabel baru atau tabel nilai tersebut sebagai penghubung antara tabel mahasiswa dan mata_kuliah yang mana tabel baru tersebut terdapat foreign key mahasiswa_id_mahasiswa dan mata_kuliah_id_mata_kuliah yang fungsinya untuk mengakses tabel mahasiswa dan mata_kuliah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah - istilah dalam manage local disk di Linux

 Istilah - istilah dalam manage local disk Linux Halo temen-temen semua pada blog kali ini saya akan membahas mengenai istilah - istilah dalam manage local disk Linux. Nah disini ada 10 pembahasan dan perbedaan  istilah - istilah dalam manage local disk. Berikut penjelasannya : 1. LUN (Logical Unit Number) LUN adalah singkatan dari kata Logical Unit Number. Istilah Logical Unit Number apabila disingkat yaitu menjadi LUN. LUN sendiri adalah Nomor unit logis (LUN) adalah pengidentifikasi unik yang menunjuk perangkat hard disk individu atau perangkat yang dikelompokkan untuk alamat oleh protokol yang terkait dengan SCSI, iSCSI, Fibre Channel (FC) atau antarmuka serupa. LUN merupakan pusat pengelolaan array penyimpanan blok yang dibagikan melalui storage area network (SAN). LUN digunakan untuk mengidentifikasi subset data dalam disk sehingga perangkat komputasi yang menggunakannya dapat menjalankan operasi. Jenis-jenis LUN : Mirror LUN: LUN toleran-kesalahan dengan salinan identik pada dua

Perintah - Perintah Dasar Linux

 Perintah Sistem Operasi Linux

Sejarah Linux

  SEJARAH LINUX Apa itu Linux dan apa bedanya dengan sistem operasi lain? Linux adalah sistem operasi atau Operating System (OS), sama seperti Windows OS, MacOS, iOS, Android, dan sebagainya. Seperti sistem operasi umumnya, fungsi Linux adalah sebagai wadah untuk menjembatani komunikasi atau perintah pengguna pada hubungan software dan hardware dalam sebuah perangkat. Dengan fungsi seperti itu, Linux akan menerima dan menerjemahkan perintah pengguna di software, lalu dikirim ke hardware untuk menghasilkan sebuah output tindakan. Bila secara definisi dan fungsi sama, lalu apa perbedaan Linux dan sistem operasi lain? Perbedaan utama terletak di akses terhadap kode sumber pemrograman (source code). Source code di Linux tidak dikunci alias bebas diakses oleh siapapun.   Sejarah Linux Sekelompok developer telah membentuk suatu group yang diberinama GNU sebagai wadah untuk membuat sistem dan aplikasi yang bebas digunakan dan open   source, semua komponen telah selesai dibuat dan hanya ada sa