Langsung ke konten utama

Pembahasan Mengenai Scope Linux

 Scope Linux

Halo temen-temen, pada blog kali ini kita akan membahas mengenai scope linux seperti yang kita lihat pada judul di atas. Di blog ini akan ada 12 pembahasan mengenai scope linux.

1. NTP (Network Time Protokol)

Yang pertama ada Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja. NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123.

NTP (Network Time Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk mengsingkronkan waktu antar komputer. Singkronisasi waktu yang dilakukan oleh protokol ini sangat akurat dapat mencapai 10 milidetik untuk jaringan internet dan dapat mencapai 200 milidetik dalam jaringan lokal. NTP sendiri berada di 2 sisi yaitu sisi klien dan sisi server, kegunaan layanan di ntp adalah untuk mempaskan atau menyesuaikan waktu yang ada sesuai regional di mana mesin komputer itu berada.

2. Repository

Apa sih repository?

Repository adalah kalo di artikan secara umum merupakan gudang. Repository dalam linux berarti gudang. Maka repository secara lengkap merupakan sekumpulan pake paket software atau aplikasi yang mendukung berjalanya linux yang di peroleh melalui mirror di salah satu website. Aplikasi yang sering kita gunakan dan install melalui terminal linux biasanya terhubung dengan repository. contoh nya sudo apt-get install own-cloudclient.

Kita analogikan sebagai bengkel kendaraan, dimana perkakas pendukung seperti tang obeng kunci pas merupakan paket - paket yang kita perlukan seperti halnya di dalam repository. Repository itu sendiri memiliki 2 server antara lokal dan international. Untuk secara international yaitu dari linux http://archive.ubuntu.com. Untuk membuka list repository kita bisa melihat bahkan mengedit isi dalam repository tersebut.

3. Swap

Kalian yang memakai Linux tentu tidak asing dengan nama nya Swap. Apa tu Swap ? Pentingkah membuat Swap saat menginstall Linux ? Benarkah Swap harus berukuran dua kali besar ram kita ? Disini kita akan membahas nya.

Swap adalah sebuah ruang pada harddisk yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/laptop membutuhkan lebih banyak memory. Dalam artian partisi dengan filesystem Swap ini bekerja sebagai cadangan , apabila RAM yang digunakan penuh. Jadi sederhaana nya , Swap ini akan memberi pertolongan jika RAM yang kita kehabisan ruang kosong. Swap akan sangat berguna untuk komputer yang memiliki RAM berkapasitas minim. Fungsi ini mirip dengan fitur paging files pada OS Jendela. Swap juga digunakan untuk menyimpan data-data yang jarang digunakan di RAM.

Apa saja Kegunaan Swap?

Kegunaan Swap adalah sebagai berikut:

•Memory tambahan bagi aplikasi yang berjalan. Kadang aplikasi yang berjalan menguras seluruh memory yang ada dan memerlukan memory ekstra agar dapat berjalan lebih maksimal.

•Keadaan Tak Terduga. Peristiwa yang tidak dapat diduga dapat dan akan terjadi (misalnya aplikasi hang, beberapa tindakan membutuhkan lebih banyak memory, atau kombinasi peristiwa tak terduga lainnya). Dalam kasus ini, swap dapat memberi kalian penundaan ekstra untuk mencari tahu apa yang terjadi, atau menyelesaikan apa yang sedang Anda kerjakan.

4. VDO (Virtual Data Optimizer)

Virtual Data Optimizer (VDO) adalah teknologi virtualisasi blok yang menyediakan deduplikasi data secara transparan. Dengan menghilangkan potongan data yang berlebihan, VDO dapat sangat mengurangi kapasitas disk yang digunakan sebenarnya. VDO menyediakan reduksi data inline untuk Linux dalam bentuk deduplikasi, kompresi, dan penyediaan tipis. Saat  menyiapkan volume VDO, Anda menentukan perangkat blok untuk membangun volume VDO dan jumlah penyimpanan logis yang di rencanakan untuk ditampilkan.

Di cloud, VDO juga memungkinkan memangkas biaya penyimpanan. Bergantung pada kebutuhan penerapan, hal ini dapat menghasilkan biaya per instans komputasi yang lebih rendah, biaya yang lebih rendah untuk penyimpanan blok eksternal berbasis cloud, dan pengurangan biaya untuk retensi snapshot data jangka panjang. Selain itu, berkurangnya jejak di tempat atau di cloud berarti berkurangnya kebutuhan bandwidth untuk menyalin data ke atau dari cloud atau bahkan antar cloud.

5. Tuned Profile

Tuned adalah fitur Linux yang memantau sistem dan mengoptimalkan kinerjanya di bawah beban kerja tertentu. Tuned menggunakan profil untuk melakukan ini. Profil adalah seperangkat aturan yang menentukan parameter sistem tertentu seperti pengaturan disk, parameter kernel, pengaturan pengoptimalan jaringan, dan banyak aspek sistem lainnya.

Tuned adalah cara untuk menyatukan pengaturan pengoptimalan dalam satu file dan menerapkannya ke sistem. Muncul dengan beberapa profil default yang dapat di terapkan secara statis atau dinamis. Untuk menerapkan profil secara statis, kita harus memilih profil berdasarkan beban kerja. Sistem menggunakan pilihan ini hingga kita secara manual beralih ke profil lain. Profil statis diaktifkan secara default di Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Opsi dinamis mengubah profil berdasarkan data aktivitas langsung dari komponen sistem yang dipantau, memastikan kinerja yang optimal.

6. Selinux

SELinux ( security enhaced linux ) itu merupakan salah satu peningkatan keamanan dari sebuah sistem operasi berbasis linux. keamanan ini berguna untuk membedakan antara user root dengan user yang bersifat terbatas. security ini juga yang akan mengatur file permission write,executable,read ( membuat,menjalankan, dan membaca ). Bagi yang sudah mempelajari tentang linux,pasti tidak asing lagi tentang tingkatan user terbatas dengan user root.jadi setiap user pun akan dibatasi untuk mengantisipasi terjadinya kecorobohan dalam suatu proses yang tidak diinginkan.

 SElinux memiliki 3 mode yaitu:

 Enforcing

enforcing ini merupakan setting keamanan yang paling ketat

 Permissive

setting ini merupakan setting keamanan yang longgar

 Disabled

setting ini merupakan setting untuk mematikan SELinux

7. Crontab

Apa itu Crontab pada Linux? Cron berasal dari Yunani yaitu chronos yang artinya adalah waktu. Cron adalah daemon yang berfungsi untuk menjadwalkan tugas secara otomatis dengan interval tertentu di sistem operasi linux. Tugas ini disebut juga cron jobs dan merupakan hal dasar untuk mengotomatiskan sistem administrasi.

Crontab adalah kumpulan file semua skrip yang menentukan jadwal cron jobs. Setiap pengguna dapat menjalankan perintah crontab dan memiliki file crontab sendiri, file crontab setiap pengguna dapat dilihat di /var/spool/cron/crontabs Namun file crontab tidak dapat diedit secara langsung, tapi harus menggunakan perintah crontab -e. Crontab dapat digunakan untuk backup secara otomatis, sinkronisasi files, penjadwalan otomatis, dan lain-lain.

Daftar Perintah Crontab

Perintah crontab memudahkan penggunanya untuk mengunduh dan memodifikasi file crontab dengan cara berikut :

 Crontab -e - Untuk mengganti atau membuat file jika belum ada

 Crontab -l - Untuk memperlihatkan isi file yang sedang diakses

 Crontab -r - Untuk menghapus file crontab

 Crontab -i - Untuk menghapus file crontab, namun disertai opsi pilihn sebelum dihapus

 Crontab -v - Untuk memperlihatkan waktu terakhir saat mengganti isi file

 Crontab -u - (Username -u.) Untuk mengganti file pengguna lain

8. Auto FS

Autofs adalah program yang digunakan untuk memasang sistem file lokal dan berbagi jaringan secara otomatis sesuai permintaan. Artinya adalah ketika Anda menavigasi ke titik atau direktori mount yang dikonfigurasikan autofs, sistem file atau jaringan yang diperlukan secara otomatis dipasang. Jadi, selama Anda tidak perlu mengakses sistem file lokal atau berbagi jaringan, autofs tidak akan memasangnya.

9. Journal

Journal adalah komponen dari systemd. Ini adalah lokasi terpusat untuk semua pesan yang dicatat oleh komponen yang berbeda dalam sistem Linux yang diaktifkan oleh systemd. Ini termasuk pesan kernel dan boot, pesan yang berasal dari syslog, atau layanan yang berbeda. Journal dikendalikan oleh daemon systemd-journald. Ini mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan memuat pesan ke dalam jurnal.

File log berada di /var/log/journal, tiap file log dari masing-masing service ukurannya berbeda, dan ukurannya akan semakin bertambah dan tak jarang hingga satuan Gigabyte, tentu ini berdampak berkurangnya kapasitas disk hanya untuk menyimpan catatan/log dari masing-masing service. Di sini kita membersihkan journal dan mengatur berapa maksimal yang akan digunakan oleh journal dalam satuan Megabyte.

10. Container

Container Linux adalah sistem operasi ringan open-source yang dihentikan berdasarkan kernel Linux dan dirancang untuk menyediakan infrastruktur untuk penyebaran berkerumun, sambil berfokus pada otomatisasi, kemudahan penerapan aplikasi, keamanan, keandalan, dan skalabilitas. 

11. Service Management System

Service Management System adalah sistem modular besar yang menggabungkan semua atau sebagian besar aspek organisasi berorientasi layanan. Untuk memiliki pola pikir manajemen layanan, organisasi harus memahami tingkat kematangan proses yang diperlukan untuk menjadi organisasi berorientasi layanan.

12. Firewall

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar. Pengertian Firewall yang dimaksudkan adalah  sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadapa jaringan yang dianggap tidak aman.

Fire-wall dapat berupa perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (peralatan khusus untuk menjalankan program fire-wall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan. Perlindungan Firewall diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi Internet. Meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi rinci tentang pola-pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan sangat diperlukan karena bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaring komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah - istilah dalam manage local disk di Linux

 Istilah - istilah dalam manage local disk Linux Halo temen-temen semua pada blog kali ini saya akan membahas mengenai istilah - istilah dalam manage local disk Linux. Nah disini ada 10 pembahasan dan perbedaan  istilah - istilah dalam manage local disk. Berikut penjelasannya : 1. LUN (Logical Unit Number) LUN adalah singkatan dari kata Logical Unit Number. Istilah Logical Unit Number apabila disingkat yaitu menjadi LUN. LUN sendiri adalah Nomor unit logis (LUN) adalah pengidentifikasi unik yang menunjuk perangkat hard disk individu atau perangkat yang dikelompokkan untuk alamat oleh protokol yang terkait dengan SCSI, iSCSI, Fibre Channel (FC) atau antarmuka serupa. LUN merupakan pusat pengelolaan array penyimpanan blok yang dibagikan melalui storage area network (SAN). LUN digunakan untuk mengidentifikasi subset data dalam disk sehingga perangkat komputasi yang menggunakannya dapat menjalankan operasi. Jenis-jenis LUN : Mirror LUN: LUN toleran-kesalahan dengan salinan identik pada dua

Perintah - Perintah Dasar Linux

 Perintah Sistem Operasi Linux

Sejarah Linux

  SEJARAH LINUX Apa itu Linux dan apa bedanya dengan sistem operasi lain? Linux adalah sistem operasi atau Operating System (OS), sama seperti Windows OS, MacOS, iOS, Android, dan sebagainya. Seperti sistem operasi umumnya, fungsi Linux adalah sebagai wadah untuk menjembatani komunikasi atau perintah pengguna pada hubungan software dan hardware dalam sebuah perangkat. Dengan fungsi seperti itu, Linux akan menerima dan menerjemahkan perintah pengguna di software, lalu dikirim ke hardware untuk menghasilkan sebuah output tindakan. Bila secara definisi dan fungsi sama, lalu apa perbedaan Linux dan sistem operasi lain? Perbedaan utama terletak di akses terhadap kode sumber pemrograman (source code). Source code di Linux tidak dikunci alias bebas diakses oleh siapapun.   Sejarah Linux Sekelompok developer telah membentuk suatu group yang diberinama GNU sebagai wadah untuk membuat sistem dan aplikasi yang bebas digunakan dan open   source, semua komponen telah selesai dibuat dan hanya ada sa